Cara Memotret Ikan Cupang


kamera

ikan cupang halfmoon big ear

ikan cupang halfmoon big ear

melihat foto-foto ikan cupang yang cantik dan menawan, tentu sangat asyik, bahkan tampa jemu kita terus saja memelototinya dan tak terasa ternyata waktu begitu cepat berlalu.

sebagian orang berfikir gampang mengambil gambar seperti itu, benarkah demikian? ternyata gampang-gampang susah.

ya memotret objek yang bergerak membutuhkan kesabaran yang ekstra. selain itu butuh media yang mendukung untuk mendapatkan hasil yang oke. baiklah, pada postingan kali ini, penulis mencoba untuk membagi trik memotret ikan cupang, ini murni dari pengalaman penulis sendiri, alat yang diperlukan diantaranya:

  • akuarium dengan ketebalan kaca 3 mm harus dalam keadaan jernih keadaan permukaannya, ukuran yang disarankan 10 x 10 x 15 cm
  • air yang jernih
  • lampu untuk pencahayaan yang memadai
  • kamera
  • penyangga kamera tripod
  • kaca cermin
  • ikan cupang sebagai artisnnya

pelaksanaan, ikan dipuasakan dan sebelum pemotretan berilah satu atau dua cuk, hal ini dimaksudkan agar ikan cupang agresif (ingat ikan cupang adalah ikan yang hobi bertarung, sehingga ketika perutnya kosong memungkinkan untuknya bisa ngedok secara sempurna).

masukan ikan cupang kedalam akuarium yang telah diisi dengan air jernih, biarkan ikan cupang beradaptasi dengan lingkungan air yang baru. pasang kaca cermin pada salah satu sisi akuarium  setelah siap pasang kamera pada tempatnya di tripod, bidik ikan secara sabar, saat ikan dalam keadaan pose yang bagus segera jepret,,,!

disarankan untuk tidak menghadapkan kamera secara berhadapan langsung dengan kaca bagian belakang akuarium, sebab hal ini kan menyebabkan efek pantulan dari blitz.

gunakan pencahayaan yang mendukung supaya hasil gambar maksimal, biasanya untuk pengambilan satu ekar ikan cupang saja butuh beberapa kali jepretan, sebab ikan cupang cenderung bergerak lincah sehingga seringkali kita mendapatkan gambar yang blur,, tidak tampak sisiknya, disarankan menggunakan kamera berkecepatan tinggi.

semakin anda mencoba anda akan semakin tau dan nyaman dengan tehnik yang anda biasa lakukan

secara teori cara yang disampaikan penulis sangatlah mudah naumn prakteknya butuh waktu yang lama untuk menapatkan hasil yang maksi,,,,,

ini bukan hal baku silahkan anda melakukan improvisasi untuk mendapatkan kepuasan. semakin sering anda bereksplorasi makan akan semakin baik.

mungkin hanya itu, silahkan bagi hobiis sekalian yang mau berbagi tentang topik ini kirimkan komentarnya, saya akan menampilkannnya untuk pembaca sekalian..

terima kasih dan

salam cupang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s