Menjawab Pertanyaan “Kenapa Anakan Ikan Cupang Saya Pada Hilang?”


Burayak Ikan Cupang

Burayak Ikan Cupang

pertanyaan yang menggelitik, pertanyaan ini sering ditanyakan para penghobii baru ikan cupang yang datang ke kios atau ditanyakan mereka via sms, mereka menayakan “kenapa anakan ikan cupangnya pada lenyap tanpa bekas, padahal awal menetas jumlahnya lumayan banyak?” katanya.

pertanyaan ini pasti akan mudah dijawab oleh para master peternak cupang, namun ijinkan saya berbagi pengalaman mengenai hal ini.

ketepatan penanganan dalam memperlakukan anakan ikan cupang kesayangan adalah kunci suksesnya. yang dimaksud disisni adalah pengatuhan dasar tentang ikan cupang dan anakkannya. indukan ikan cupang jantan memiliki tugas untuk menjaga dan melindungi anakannya yang telah menetas bukan indukan cupang betina. kenapa demikian? itu sudah dari sononya… hehe

ikan cupang jantan akan menjaga anakannya sedemikan rupa dari gangguan yang mungkin ada disekitarnya makanya ikan cupang jantan ini cenderung agresif menjauhkan alias mengusir indukan betina sejak mulai dari menjaga telur sampai menetas. setelah menetas telur-telur tadi, kemampuan berenang burayak ini masih belum maksimal, maka saat burayak itu kesulitan untuk muncul kepermukaan alias tenggelam didasar kolam secara spontan burayak tadi di selamatkan dengan cara memungut dengan mulutnya kemudian dia letakan kepermukaan air sehingga burayak tadi bisa menghirup oksigen yang dia butuhkan dan kelangsungan hidupnya berlanjut.

kutu air/daphnia

kutu air/daphnia

daphnia

daphnia

hilangnya anakan ikan cupang yang masih burayak ada banyak foktor, bagi penghobii baru biasanya mereka memberikan pakan yang kurang tepat diawal masa perkembangan ikan cupang, ketidak tepatan ini bisa dari sisi jenis pakan itu sendiri atau bisa pula dari sisi banyaknya jumlah pakan yang dimasukkan ke dalam kolam. dari sisi jenis pakan yang diberikan yang paling

microwoia rm dlam media kultur

microwoia rm dlam media kultur

vinegar eals dalam media kultur

vinegar eals dalam media kultur

tepat  adalah jenis pakan alami yaitu kutu air yang disaring atau microworm bisa pula vinegar eals, jenis pakan tadi mudah kita dapatkan disekitar kita atau kita bisa membelinya di toko ikan kepercayaan. kebanyakan dari penghobii baru mereka tidak tau seperti apa kutu air dan darimana mereka mendapatkannya, jadilah mereka memberikan pakan alternatif berupa pelet, pur, bahkan ada juga yang memberikan susu bubuk, hal ini tidaklah tepat sebab bahan-bahan tadi merusak kualitas air kolam yang pada ahirnya meracuni ikan-kan kita. serta yang paling pokok pakan jenis ini tidaklah tepat.

adapun dari sisi jumlah, walupun jenis pakan yang kita berikan sudah tepat namun bila jumlanya berlebihan akan berakibat pada menurunnya kualitas air, bangkai kutu air yang tidak termakan akan berubah menjadi amoniak yang merupakan racun yang mengkontaminasi air pemeliharan.

kesimpulannya, anakan ikan cupang bisa hilang akibat dari tidak tapatnya pakan dari sisi jenis dan jumlahnya yang berakibat kemtian, bisa pula dimangsa oleh predator disekitarnya, atau mungkin juga dimakan oleh indukan karena tidak tersedianya pakan khusus bagi indukan ikan cupang tersebut.

jadi berilah pakan yang tepat dari sisi jenis dan jumlah, jangan lupa pula jaminlah pakan indukan cuapng jantan,,, semoga bermanfaat..

salam cupang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s