Umur dan Kualitas Indukan Ikan Cupang


banyak newbee beranggapan  bila ikan sudah menunjukan gambaran pengen kawin, berarti ikan tersebut sudah siap dikawinkan, benarkah demikian?

berdasarkan pengalaman penulis sendiri, kesiapan jantan dan betina mesti diperhatikan. namun, ada hal lain yang yang perlu dan sangat mendapat perhatian pula.

kawinUkuran indukan jantan dan betina haruslah proporsional. jika indukan betina terlalu besar sementara sang jantan terlalu kecil, biasanya kegagalan dalam proses perkawinan akan terjadi, hal ini disebabkan karena ukuran betina yang besar tidak mampu dipeluk oleh sang jantan. hingga sia-sia lah usaha pengkawinan.

media untuk perkawinan juga hal yang perlu pulu mendapatkan perhatian, media yang terlalu besar seringkali berimbas pada kegagalan dalam proses ini, pilih media yang tidak terlalu besar sehingga jantan dan betina bisa saling berdekatan sehingga proses perkawinan berlansung secara mudah, ukuran yang besar memungkin betina yang belum siap menghindar dan bersembunyi sementara jantan seringkali bersikap agresif yang menyebabkan kerusakan fisik betina  sehingga betina mencari jalan teraman dengan bersembunyi untuk menghindari kejaran cupang jantan. seringkali peternak melepasikan indukan jantan dan betina dalam satu kolam yang berukuran sedang dan dibiarkan begitusaja dengan tetap diberikan pakan yang secukupnya, biasanya bila cocok perkawinan akan berlangsung secara berulang-ulang.

perhatikan kualitas air yang kita gunakan, sisi kesedahan dan hardness menjadi harga mati yang sangat vital. kegagalan juga sering terjadi akibat kita kurang memperhatikan al ini.

siapkan jantan dan betina dalam wadah yang berbeda, namun hal ini lebih ditujukan untuk memaksimalkan kesiapan jantan dan betina untuk kelangsungan proses kawin, ciri umum ikan betina yang telah siap adalah tampak garis putih vertikan ditubuhnya dan ditutupan insang tampak kawin2kemerahan serta bagian depan anal menonjol titik putih yang kemungkinan besar adalah calon telur. adapun ciri umum dari jantan yang telah siap adalah tampak dari agresifitas ikan tersebut dan warna yang cemerlang serta tanda kemerahan pada tutupan insan. untuk memancing keduanya siap, masukan indukan betina dalam wadah transparan kemudian masukan wadah tadi kedalah tempat ikan jantan berada, biarkan ikan jantan tergoda sehinga memancing kesiapan kedua ikan tadi. bila berhasil, ciri yang saya sebutkan diatas akan secara mudah kita lihat. bila sudahdemikian cemplungkan betina kedalam wadah ikan jantan, biasanya proses kawin akan segera terjadi dan berulang-ulang.

namun umur ikan menjadi kunci sukses dalam hal ini, ikan yang masih muda (4-6bln) bukan tidak bisa menghasilkan telur, atau ikan jantan tidak bisa membuahi, namun hasilnya cenderung kurang memuaskan, kematangan organ reproduksi ikan didapat saat ikan cukup umur (6 bln  keatas) bahkan sebagian peternak menyengaja indukan dibiarkan tua, saat ikan telah samp[ai pada usia 1 tahun, barulah dilakukan pemijahan dan umumnya berhasil…… oke mungkin itu postingan hari ini, semogabermanfaat. dan

 

salam cupang

One response to “Umur dan Kualitas Indukan Ikan Cupang

  1. Ok makasih
    Dan ternyata berhasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s