Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang


Bermula dari keluhan pelanggan, dimana pelanggan tersebut mengatakan bila ikan cupang yang dibeli dari kios dalm keadaan yang sehat tapi saat dipindahkan ikan tampak lesu tidak agresif.

Diceritakan pula, bahwa tampak busa menempel disekujur badan dan sirip ikan tersebut.

Ternyata air tang dipakai oleh sang pembeli bersumber dari air PAM, yang mengandung kaporit yang sangat kentara secara bau dan rasa. Lantas bagaimana sebenarnya cara yaang efektif menyiapkan air pemeliharaan dan pemindahan ikan cupang yang menjamin kelangsungan ikan cupang kesayangan.

Hobiis, ternyata keluhan itu diceritakan pula oleh beberapa pelanggan yang lain, baik via sms, telp langsung atau saat mereka datang kembai ke kios untuk berburu ikan cupang yang ada di kios kami.

Berikut ini saya akan mencoba berbagi, bagaimana memperlakukan air dan memindahkan ikan cupang kedalam media yang kita sudah siapkan.

Air apapun yang anda gunakan untuk memelihara ikan cupang pastikan air telah diendapkan paling tidak satu hari, ini dimaksudkan agar kondisi air maksimal. Bila mengandung kaporit dan bahan terlarut lain bisa mengendap kedasar wadah.

Berikan aerasi atau gelembung udara untuk memperkaya kandungan oksigen dalam air tersebut.

Masukan daun ketapang secukupnya untuk mendapatkan tingkat ph yang optimal, hal inipun diyakini bisa membuat ikan cupang lebih sehat.

Bila hal tersebut diatas sudah dilakukan maka masukan ikan kesayangan kita kedalah wadah dengan perlakuan diatas.

Berikan pakan hidup secukupnya, dan biarkan ikan beradaptasi dengan lingkungan air barunya.

Mungkin hanya itu. Semoga bermanfaat.

Salam Cupang

Jual Akuarium Khusus Ikan Cupang


Anda butuh akuarium untuk ikan cupang, hubungi Tanto, dapatkan haarga spesial untuk akuarium yang anda butuhkan.

Ikan cupang merupakan ikan eksotik yang mudah untuk dipelihara. Kemudahan pemeliharaan ini karena ikan cupang adalah ikan yang tidak perlu penanganan khusus, cukup menggunakan media botol bekas atau botol plastik bekas air mineral bisa kita gunakan untuk media.
Namun ikan cupang peliharaan akan tampak lebih indah bila kita memelihara ikan cupang pada media yang didesain khusus, seperti akuarium soliter dengan ukuran sedang dimensi 15 x 15 x 20 cm, ukuran tersebut adalah ukuran standar pemeliharaan ikan cupang pada umumnya. Atau bila anda kehendaki anda bisa mendesain dengan ukuran sesuai selera.

Selain sebagai Media pembesaran dan pemeliharaan, akuarium dengan ukuran tersebut bisa juga untuk sarana pamer, kita bisa letakan akuarium tadi sesuai selera kita, mau kita taruh di ruang tamu, ruang keluargapun bisa simpel, sangat simpel tinggal kita angkat dan alihkan ditempat yang kita mau.
Jika anda membutuhkan akuarium khusus anda bisa memesannya kepada kami, tertarik?
Salam cupang

Mangatasi sirip Kuncup Pada Ikan Cupang Hafmoon


Mengatasi sirip kuncup pada ikan cupang halfmoon

halfmoon kuncup

halfmoon kuncup

hmhobiis, sedih sekali tentunya bila halfmoon kesayangan kita kuncup siripnya, keindahannya seolah hilang. jadilah siripnya menjuntai kebawah hilang kewibawaan dan keelokkannya. kiranya masalah sirip kuncup ini dirasakan oleh banyak penghobi,termasuk saya, anda?, dan bukan hanya halfmoon yang beresiko demikian. namun, jenis crowntail, plakat juga beresiko terserang. penyebabnya bisa bermacam-macam. bisa karena penyakit bisa pula karena kondisi air. namun yang paling banya menyabakan hal ini adalah faktor umur. ikan cupang  jika umurnya sudah tua cenderung kuncup dan jarang ngedok. lantas bagaimana solusinya? berikut saya paparkan salah satu cara agar ikan cupang halfmoon kita bisa kembali mengembangkan siripnya dan tahan lama hehehe.. sangat sederhana, cukup anda mengganti air akuarium secara teratur seminggu  dua kali, dan latihlah dengan cara menggunakan ikan cupang betina. caranya? sabar….. caranya masukan ikan cupang  betina kedalam wadah yang lebih kecil, kemudian tarulah kedalam akuarium yang berisi ikan cupang yang loyo tadi. biarkan beberapa saat sampai ikan jantan yang sebelumnya kuncup mengembangkan siripnya secara maksimal, kemudian angkat, lakukan beberapa kali dalam sehari,,,, dan buktikan trik ini.,  DIJAMIN BERHASIL…. ini penulis sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi,,,, selamat mencoba… dan salam cupang

Cara Membuat Akuarium Ikan Cupang


cara membuat akuarium ikan cupang, gampang kok

akuarium

akuarium

ikan cupang adalah ikan yang sangat istimewa. keistimewaannya tidak hanya pada bentuk dan warna yang menawan. termasuk keistimewaannya pula adalah mudahnya cara pemeliharaannya.

keindahan ikan cupang akan semakin terlihat bila kita menempatkannya pada media yang tepat, penggunaan botol sebagai media pemeliharaan boleh-boleh saja tapi hal ini akan mengurangi keindahannya., kecuali anda menggunakan botol dengan bentuk khusus.

akuarium adalah media yang tepat untuk memelihara ikan cuapang. selain kita sebagai media pemeliharaan, juga bisa kita pake sebagai media pamer… hehe..

pembuatan akuarium sangatlah mudah, yang pertama mesti kita buat adalah desain, seperti apa yang hendak kita buat.

dengan membuat akuarium sendiri, kita dapat menekan biaya, selain itu model sesuai dengan yang kita kehendaki.

baiklah, kita langsung saja ke persiapan:

persiapan alat:

  1. desain akuarium
  2. lem kaca
  3. penggaris siku (penggaris siku pertukangan, biasanya berbahan logam)
  4. stirofoam
  5. pisau kater
  6. gambar background
  7. penjepit kertas (jika deperlukan.

setelah semau bahan diatas siap, berikut langkah pembuatan:

  • tempelkan lem pada pinggir kaca, satu bagian saja (pinggir kaca jalur pemotongan) pastikan ketebalan lem rata.
  • rekatkan atau tempelkan kaca yang telah dioles lem tadi pada permukan atau pinggir kaca yang kedua sehingga membentuk sudut 90 derajat, ukur dengan menggunakan penggaris siku. berdirikan pada permukaan yang rata.
  • lakukan langkah yang pertama, yaitu menempelkan lem pada pinggir kaca yang ketiga, pastikan ketebalan lem rata.
  • rekatkan pada kaca yang sebelumnya, sehingga sekarang telah menyatu tiga badang kaca, membentuk huruh U.
  • tempelkan lem pada kedua pinggir kaca yang keempat dengan ketebalan yang rata.
  • tempelkan kaca yang keempat, sehingga sekarang terbentuk empat sudut dari empat kaca yang telah disatukan.
  • tentukan setiap sudut benar-benar 90 derajat, gunakan penggaris siku pertukangan.
  • biarkan lem mengering,
  • setelah lem kering langkah selanjutnya lekatkan lem pada permukaan kaca bagian atas  secara merata,
  • segera tempelkan kaca yang diperuntukkan untuk bagian dasar akuarium.
  • keringkan.
  • setelah kering, telitilah akuarium tersebut dan pastikan tidak ada bagian yang bocor, anda bisa menggunakan air untuk memastikan kebocoran.
  • bila ada yang bocor segera oles lubang yang ada dengan lem.
  • tempelkan stirifoam pada las akuarium, hal ini bertujuan untuk menghindari pecahnya dasar akuarium bila menekan permukana berkerikil yang tidak tampak.

oke, tahap awal pembuatan akuarium selesai, saatnya anda berkreasi memberikan berbagai macam ornamen yang anda suka untuk akuarium baru anda.

bila anda hendak menempelkan kaca cermin untuk mempercantika akurium anda, manfaatkan penjepit kertas untuk fiksasinya.

selesai . selamat mencoaba

dan

salam cupang

Mengirim Ikan Cupang Via Jasa Pengiriman


boxmengirimkna ikan cupang via jasa pengiriman sebenarnya sangatlah gampang. namun hal ini mungkin dianggap sulit bagi yang lain.

baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada pembaca sekalian tentang topik ini.

mengirimkan binatang atau mahluk hidup, memiliki kerentanan karena beresiko kematian, kalo sudah demikian tentu sangat disayangkan. beberapa hal yang mesti hobiis perhatikan sebelum  melakukan pengiriman adalah sebagai berikut;

  • tikipastikan ikancupang yang hendak kita kirim adalah ikan cupang yang sehat. ikan dalam kondisi sakit memiliki resiko kematian yang sangat besar.
  • puasakan ikan satu atau dua hari sebelum pengepakan, hal ini dimaksudkan untuk menghindari penumpukan amoniak dari kotoran ikan itu sendiri.
  • pastikan benar dalam memproses ikan itu sendiri sebelum dikirim, siapkan air masuksn kedalah plastik media pengiriman, masukan sedikit daun ketapang. air yang digunakn sebaiknya air yang telah diinapkan sehingga kesedahan air terjamin.
  • masukan kedalam stirofom box atau kardus biasa, ukuran disesuaikan dengan jumlah ikan cupang yang akan kita kirim, ingat pula ikan cupang adalah petarung sejati jadi mesti kita membungkusnya sendiri sendiri, bila anda melanggar point ini dijamin ikan pasti rusak,,, gak maukan?
  • ganjal dengan kapas untuk menghinari banyaknya goncangan, dimaksudkan agar ikan cupang tidak mabok.
  • bungkus box stirofom atau kardus yang sudah berisi ikan cupang tadi dengan kertas sehingga memiliki tampilan yang oke atau menarik.
  • jangan lupa tuliskan alamat yang dituju secara lengkap.
  • baru kita menuju tempat jasa pengiriman boleh tiki, JNE dll… terserah deh mana yang kita anggap aman dan kita merasa nyaman.

gampangkan ternyata,  semoga bermanfaat,,, dan

 

salam Cupang

PENYAKIT PADA IKAN CUPANG


Penyakit pada ikan cupang

Penyakit yang sering menyerang pada ikan cupang !
ada 2 jenis :
1. fisik
2. non fisik
penyakit pada ikan cupang secara fisik banyak di sebabkan oleh :
microorganisme,cendawan, bakteri dan virus!
yang di pengaruhi oleh sani tasi air, dimana tempat ikan cupang itu hidup,
kurang higienis dan kurang di perhatikan, atau di sebabkan oleh faktor alam.
seperti perubahan iklim yang berpengaruh pada perubahan suhu air, sehingga
mempengaruhi tumbuh kembangnya cendawan, bakteri,dan virus!.oleh sebab
itu bagi para hobies,pecinta ikan cupang harus senantiasa memperhatikan
kwalitas air,untuk ikan kesayangannya!

*fisik
penyakitpada ikan cupang ini disebabkan oleh microorganisme
pada ikan cupang yang di sebabkan oleh bakteri, cendawan dan virus.

– busung / sisik nanas,salak, atau hydrop’s
– menceret atau berak putih ~ disebkan oleh virus salmonella sp.
– valvet/fin rot, yang disebabkan oleh bakteri oodium pillularis
– serta borok/ luka yang terinfeksi! yang di sebabkan oleh kutu ikan
argullus indicus dan lernea cyprinacea

* non fisik

penyakit pada ikan cupang  ini tidak disebabkan oleh microorganisme,
tapi disebabkan oleh kurang hati-hati dalam perawatan ikan cupang yang
menyebabkan mental dan fisik ikan cupang menjadi sakit, dan cacat dan
dapat berakibat menurunnya kesehatan ikan cupang tersebut, sirip kurang
mengembang, kurang gairah, tidak nafsu makan,bacul (hilang keberanian/
mental) menggigit sirip sendiri, jelas terlihat tidak sehat!.

penanggulangan penyakit fisik pada ikan cupang

~ bila terserang white spot,cendawan/jamur
gejala awalnya adalah :
berenang ikan cupang seperti tersentak-sentak atau menabrakan badannya
ke media dinding aquarium /wadah, bila tidak cepat di tanggulangi badan
ikan cupang akan cepat di tumbuhi bintik-bintik putih lebih kecil dari telur ikan!
hal ini bila sudah parah, bila tidak cepat di tanggulangi dapat menyebabkan ikan
cupang malasberaktifitas,sirip tidak mengembang, dan menghilangkan nafsu makan
dari ikan tersebut!
~ penanggulangan nya dapat dengan diberikan anti white spot, blitz-icth/fish mate
yang mengandung bahan aktif metil biru(methiline blue)dan dimethyl amino
triphenyl methanol, super icth , blitz icth/obat biru/ anti white spot
dilarutkan dengan air dan di campur garam ikan dengan dosis di sesuaikan
dengan stadium penyakitnya! dengan merendam ikan cupang yang sakit kedalam
larutan tersebut diatas selama kurang lebih 5 jam,kemudian angkat dan
rendam kembali kedalam larutan yang sama seperti dia atas ulangi sampai
beberapa kali selama kurang lebih 5 jam perendaman, sampai cendawan,
parasit penyakit fisik pada ikan itu benar benar telah terbebas darinya!!!
biasanya penyakit ini akan hilang setelah dilakukan perawatas sesuai dengan
yang diatas selama 2 atau 3 hari!
selama dalam perawatan perendaman ikan harus tetap di beri makan seperti biasa.

Sumber:  http://www.bangcupang.wordpress.com

Kontes Ikan Cupang Di Cirebon 22 November 2015


Kontes Ikan Cupang Di Cirebon  22 November 2015

Kontes ikan Cupang Di Cirebon

Kontes ikan Cupang Di Cirebon

Kontes Nasional Ikan Cupang


Kontes Ikan CupangHalo cupang mania, sebentar lagi bulan November 2015, Cirebon berencana menyelenggarakan hajat nasional, tentunya hanya khusus bagi kamu yang pada hobi ikan cupang.

adapun hajatnya adalah Kontes Ikan Cupang dengan skala Nasional. wuih .. NASIONAL bro…..mengenai waktu dan tempat admin belum dapat bocorannya nih,,, yang jelas KONTES direncanakan akan diselenggarakan bulan November 2015.

makanya bersiaplah wahai cupang mania, siapkan jagoan kalian, kali aja menang. kalo meneng ,,,,, wuih mantap banget.

oke cuapang mania, walaupun infonya baru sekedar  bulan pelaksanaan saja., paling tidak kamu jauh-jauh hari bisa menyiapkan ikan yang hendak diikut sertakan dalam kontes…

itu saja mungkin, nanti kalo sudah fix informasinya dan valid serta dapat dipertanggung jawabkan,, nanti akan informasikan kembali,, thanks atas kunjungannya dan……

 

salam cupang

 

 

 

 

Oohhh Cupangku


Ada banyak harapan yang ingin kami capai, namun karena kesibukan yang semakin padat, memaksa ada satu atau banyak hal mesti terbengkalai. skala prioritas mengutamakan hal yang paling penting diatara yang penting-penting, mengharuskan hal itu terjadi.

beberapa hari yang lalu, saya mesti mengikuti pelatihan selama 5 hari. dalam rentang lima hari ikan cupang koleksi kami termasuk jenis dan koleksi pilihan tidak terurus maksimal.

istri yang saya tugaskan untuk memberi makan, tidak kuasa menahan keinginan ana-anak kami yang masih kecil, terutama yang baru berumur 3 tahun, untuk ikut serta dalam berpartisipasi memberi makan. bisa dibayangkan seperti apa jadinya. hik..hik.. sedihnya..

hari ke 3 pelatihan, sore hari saya dikabari berita duka, 3 ekor cupang big ear tewas mengenaskan, demikan juga 14 ekor ikan plakat, 8 ekor cupang medan super. saya tanya kenapa bisa mati? dijawab oleh istri saya bahwa, kemungkinan penyebab keatiannya adalah kotornya air karena banyaknya pakan yang ada dalam akuarium….

hari ke 4 , masih dalam sesi materi pelatihan, kurang lebih jam 10 pagi, hp dalam kantong bergetar. saya rogoh saku celana, dan saya keluarkan hp, tertera pada layar  “1 pesan belum dibaca” pengirim atas nama istri saya.

dug…. tiba-tiba saya jadi panik jangan-jangan ada sesuatu terjadi pada keluarga, sebab saya sudah berpesan pada istri jangan telp atau sms pada jam pelatihan berlangsung. segera saya baca sms tersebut…. alamaaak ternyata —–“Cupang Giant yang sudah ditawar Rp 400. 000,   MATI”—–

istri saya mencoba memberikan kemungkinan penyebabnya, dalam narasi yang sangat singkat  “kayaknya kebanyakan pakan deh”, sepertinya istri saya ingin menebus perasaan bersalah atas keteledorannya, karena tidak mengawasi anak-anak dalam partisipasi mereka untuk memberi makan ikan cupang kami.

saya tidak jawab segera karean tidak mungkin melakukannya disaat pelatihan berlangsung. jam istirahatpun tiba, segera saya telpon istri saya — tidak diangkat—

sore hari setelah seluruh materi pelatihan hari itu selesai, saya telpon ulang, untuk memastikan semuanya. dikabarkan bahwa hari itu ikan yang mati berjumlah lebih dari 30 ekor…. saya hanya tersenyum kecut… sabar… sabar…

saya hanya bisa sabar, dan saya meminta istri untuk mengganti seluruh air pada akuarium yang ditempati setiap ikan, dan membiarkan ikan tanpa diberi makan. dan tidak pula lupa untuk memasukkan guntingan daun ketapang kedalamnya.

hari jumat adalah hari terahir pelatihan, pelatihan selaesai dan ditutup secara resmi menjelang shalat jumat. tapi, kami mesti bersabar karena jam pemberangkatan kereta dari Bandung dengan tujuan daerah kami Cirebon, ada pada jam 18.15 wib.

untuk mengisi sisa waktu sampai jam pemberangkatan kereta, kami kunjungi Gramedia toko buku. ah.. ternyata menguras dompet juga, banyak buku yang tidak kami jumpai di Gramedia Cirebon, belum lagi goadaan buku diskonan sampai 70%…jadilah setengah dari uang pesangon pelatihan keluar dari dompet.

singkat cerita, saya sampai ke rumah, dan saya dapati akuarium susun rapi dalam keadaan bersih dan terbalik. rak pemeliharan yang biasanya penuh kini lowong menyisakan tempat yang kosong, sementara sisa ikan yang ada tampak kurus……. sedih…. tapi saya sadari bila ini memang harus terjadi dan proses untuk bisa lebih baik… keep smile n semangat…..

salam cupang